Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara membuat blog di Blogger.com

Sebenarnya terdapat banyak sekali situs tempat nge-blog gratisan ada wordpress, multiply, dan masih banyak lagi. Namun pada kesempatan kali ini kita akan belajar menggunakan blog gratisan di blogger.com.

1. Buka situsnya klik disini atau silahkan ketik www.blogger.com, lalu klik button"buat blog" untuk mulai membuat blog.


2. Sebelum benar-benar memiliki blog, kamu harus membuat account blogger terlebih dahulu tapi kalo sudah punya email di gmail berarti langsung login aja. Caranya, pada formulir isian "Create an account", masukkan semua informasi yang diminta.

  1. Username diisi dengan nama apa saja terserah kamu (nama inilah yang nantinya akan digunakan untuk sign in ke account blogger.com -- dan tidak menjadi bagian dari alamat blog kamu). Display name juga bisa diisi sesuai selera kamu.
  2. Klik kotak di samping "Terms of Service" yang menyatakan bahwa kamu menerima segala aturan yang ditetapkan.
  3. Klick "Continue".
3. Setelah proses membuat account blogger tadi, sekarang sudah bisa mulai proses pembuatan blog.
  1. Ketikkan nama blog (ini bisa diganti kapan saja).
  2. Tulis URL yang kamu inginkan (misalnya: komodo.blogspot.com nggak perlu pake "www." )
  3. Klik "Continue".
4. Saatnya memilih template untuk blog kamu.

  1. Untuk melihat tampilan full-screen dari masing-masing templates, klik ikon "view" di template yang kamu inginkan.
  2. Sudah memilih template? Kick tombol next di sebelah nama design. Kotak di belakang nama template akan berubah warna. (Santai aja, template ini juga bisa diganti nanti kalau dirasa nggak cocok.)
  3. Geser ke bawah lalu klik tombol "continue".
Muncul layar ini. Tunggu beberapa saat, maka secara otomatis kamu akan dibawa kehalaman seperti ini.

5. Selamat...!! blog kamu sudah jadi tapi masih kosong lho...nah untuk mengisinya langsung aja kamu mulai posting dengan mengklik button "mulai sekarang" nah Sekarang kita masuk ke yang namanya posting .

  1. Pertama-tama, masukkan judul posting yang mau ditulis.
  2. Ketik naskah untuk postingan kamu atau jika sudah punya konsep tinggal copy paste aja.
  3. Perhatikan toolbar di atas tempat kamu ngetik. Di sini kamu bisa merubah font, ukuran, warna dan hal-hal lain berjaitan dengan nasjah yang sedang kamu tulis. Kalo mau lihat seperti apa tampilan tulisan kamu nantinya, tinggal klik "preview" Kalau mau kembali ke tempat kamu ngedit/ngetik, klik "Hide Preview".
  4. Kalau sudah puas, kamu tinggal klik "Publish Post" untuk memunculkan apa yang kamu tulis secara online. (Tapi, jika kamu masih mau meneruskan nulis nantinya, klik aja dulu tombol "Save as Draft")

Kalau sudah cukup puas dengan draft postingan kamu, ada beberapa pilihan.

  1. Di bawah kotak tempat kamu nulis postingan, ada bilah berwarna abu-abu. Di sini kamu bisa merubah waktu dan tanggal yang berkaitan dengan postingan ini, dan kamu juga bisa menentukan apakah kamu ingin agar orang-orang menanggapi possting kamu dengan pemikiran mereka sendiri (jika demikian, pilih "yes" di bawah "Allow New Comments on This Post", kalau tiak, pilih "no").
  2. Klik "Publish Post" agar postingan kamu segera online.
Lalu akan muncul halaman yang ngasih tahu bahwa postingan kamusudah di published. Untuk melihat blog kamu yang baru saja di update, klik "View Blog"
gampang kan. :D

Post a Comment for "Cara membuat blog di Blogger.com"